Sabtu, 08 Mei 2010

Pelecehan Seksual

OH NO!!!!

Pelecehan seksual enggak bisa diremehklan. Setelah kejadian, korban bakalan mengalami emosi negatif yang harus cepat diatasi!

The Negative Effects :
Korban pelecehan seksual mengalami emosi-emosi negatif seperti...
1. Malu
2. Risih dan enggak nyaman
3. Jijik
4. Marah
5. Merasa enggak berharga atau murahan
6. Takut
7. Trauma

gimana dong???

yang mesti kita lakuin antara lain:

1. Introspeksi Dulu
Kita mesti introspeksi diri dulu. Belum tentu kita yang salah. Kita lihat dulu konteksnya (keadaan), karena kadang orang melakukan pelecehan karena keadaan. Misal, karena mereka bergerombol. Ketika orang bergerombol, mereka enggak jadi dirinya sendiri tapi jadi orang lain. Mereka jadi berani menggoda atau berbuat jahil sama orang lain. Jadi mereka enggak berniat melecehkan tapi cuma iseng saja.

2. Curhat sama teman
Kalau memang kita mengalami pelecehan seksual, lebih baik curhat sama teman. Jangan disimpan dan STOP menyalahkan diri sendiri. Contoh, merasa salah karena hampir 87% cewek pernah mengalami pelecehan seksual. Jadi bukan cuma kita yang merasakan cewek lain juga pernah. Curhat sama teman bisa membuat keadaan menjadi netral.

3. Tumpahkan emosi
Kalau kita merasa sudah enggak bisa mengatasi emosi negatif yang muncul, coba tuangkan emosi atau perasaan kita ke diary, olahraga, main musik atau coretan. Ini bisa membantu lho..,

4. Konsul ke Psikolog
Jika kita mengalami trauma dan sama sekali enggak bisa mengatasi emosi negatif, lebih baik curhat ke psikolog.

(sumber: kawanku.edisi 13-19 November 2006)


Selamat Hari Raya Idul Fitri

Selamat Hari Raya Idul Fitri, taqabbalallahu minna wa minkum