Selasa, 04 Januari 2011

Contoh Tindakan dari Situasi Konflik Kepentingan Antar Perusahaan&Karyawan

1. Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personel yang masih ada hubungan keluarga (family), atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh personel tersebut.
contohnya seorang pemilik sebagian dari sebuah perusahaan yang sedang mengikuti tender penyediaan untuk Air Products, menempatkan saudara laki-lakinya untuk mengevaluasi penawaran yang masuk. 

2. Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan. 
Contoh : Seorang karyawan menggunakan asset perusahaan baik itu mobil, komputer (internet), atau yang lain yang digunakan  untuk kepentingan atau keperluan pribadi salah satunya seperti jalan-jalan bersama keluarganya.

3. Segala penggunaan pribadi maupun berbagi atas informasi rahasia perusahaan demi suatu keuntungan pribadi, seperti anjuran untuk membeli atau menjual barang milik perusahaan atau produk, yang didasarkan atas informasi rahasia tersebut. 
Contoh : Karyawan dari suatu perusahaan menyebarluaskan strategi bisnis atau strategi pemasaran kepada perusahaan lain demi keuntungan pribadi.

4. Segala penjualan pada atau pembelian dari perusahaan yang menguntungkan pribadi.
Contoh: Seorang karyawan menjual barang kepada konsumen dengan harga yang lebih mahal dari harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan .

5. Segala penerimaan dari keuntungan, dari seseorang / organisasi / pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan.
Contoh: Tanpa sepengetahuan perusahaan, seorang karyawan bagian pembelian barang membeli bahan baku dengan kualitas yang lebih rendah dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan pada supplier lain, sehingga ia mendapatkan keuntungan dari pihak ketiga.


Selamat Hari Raya Idul Fitri

Selamat Hari Raya Idul Fitri, taqabbalallahu minna wa minkum